Kamis, 18 Juli 2013

Khutbah Idul Fitri 1434 H


Segala Puja dan puji hanyalah milik Allah Swt, Dialah yang merajai hari pembalasan. Tidak ada kebahagiaan hakiki kecuali dengan melaksanakan
ketaatan kepada-Nya. Tidak ada rasa cukup, kecuali dengan mengharap Rahmat-Nya,
tidak adakemuliaan kecuali dengan tunduk kepada Keagungan-Nya, tidak ada petunjuk
kecuali dengan mengikuti cahayaNya. Tidak ada nikmat kecuali dengan mendekatkan dirikepada-Nya. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Maha Tinggi lagi MahaSuci, oleh karena itu mari kita senantiasa meningkatkan takwa kita kepada Allah SWTdengan mengerjakan semua perintahnya dan meninggalkan semua larangannya. Shalawat dan  salam semoga tetap terlimpah kepada junjungan kita Nabi akhirulUmmah, Nabi  Mulia,  Nabi Besar Muhammad Saw beserta para keluarga dan pengikutnya sekalian.
 Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Walillahilham
 Ma’asyiral Muslimiin Wal Muslimaat.......!
Hari ini gema takbir membahana saling bersahutan di seluruh penjuru bumi. Perasaan bahagia bercampur kesedihan menjadi satu di hari ini. Bahagia karena hari iniadalah hari raya kaum muslimin seluruh dunia. Pada hari ini kaum muslim berkumpul bersama keluarga, kerabat dekat dan para tetangga, berulang-ulang mengucapkan takbir,Tahmid dan Tahlil. Kalimat-kalimat itulah yang akan mampu menyirami jiwa, sehingga betapapun kelam alam keliling, betapapun gersangnya hidup, kencangnya badai, dan besarnya ombak, namun Allahu Akbar, Allah lebih besar dari segala sesuatu.

 Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Walillahilham

Ya Allah, pagi ini Engkau saksikan umat yang biasanya bercerai berai berpadu memuji keagungan-Mu. Pagi ini, ummat yang biasanya melupakan-Mu datang bersimpuh di hadapan-Mu. Pagi ini, umat yang sering mengabaikan firman-Mu berusaha untuk kembali kepada-Mu. Ya Allah, Rabbana, inilah hamba-hamba-Mu yang lemah, yangterseret hawa nafsu, yang diperbudak dunia, yang bergelimang dosa, berserah diri pada-Mu. Ya Gaffur, Ya Rahim, Wahai Sang Pengampun, wahai Sang Penyayang, ampuni dan sayangi kami semua.
 Ma’asyiral Muslimiin Wal Muslimaat.......!
Rasanya baru saja kita berucap,"Marhaban ya Ramadhan." Begitu kita dengan suka citamenyambut bulan Ramadhan, bulan penuh kemuliaan saat ia hadir. Tapi kini bulankemuliaan ini telah beranjak pergi meninggalkan kesedihan karena perpisahandengannya. Terutama bagi mereka orang-orang yang beriman dan menghayati kehadiran bulan suci ini dengan berbagai kegiatan ibadah. Sungguh telah pergi bulan yangdijanjikan kepada mereka, orang-orang yang beriman, bulan di mana setiap orang dapat berlomba-lomba mencapai predikat takwa.

Tinggallah kini sebaris doa yang terucap,"Allahumma ballighna Ramadhaana."Ya Allah! Sampaikan kami ke bulan Ramadhan. Seperti inilah kata-kata yang terucap dari bibir orang-orang beriman begitu berpisah dengan Ramadhan, penuh harap akandiberikan kesempatan bertemu dengan bulan surga, bulan Al-Qur'an dan Lailatul qadar dalam tahun berikutnyaKerinduan, kerinduan, itulah yang akan terbit di hati orang-orang beriman yangmenantikan Ramadhan yang telah berlalu. Teringat akan puasa, tahajjud dan i'tikaf  bersamanya. Teringat dengan tilawah Al-Qur'an, zikir dan doa bersamanya. Teringat akan anugerah, barakah, dan kebaikan yang berlimpah padanya. Teringat dengan rahmat,maghfirah, dan pengampunan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.Dan lalu kita melakukan introspeksi akan segala kelemahan, kekurangan, dan banyaknyakebaikan yang telah terlewatkan. Berapa banyak kebaikan dalam puasa hilang bersamaghibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), dan pandangan yang penuh tipuan(kha'inah). Berapa banyak kebaikan shalat malam hilang bersama nyenyaknya tidur,menonton film, drama, sinetron, dan perbuatan tidak baik lainnya.Berapa banyak kebaikan dalam Al-Qur’an telah hilang bersama kemalasan untuk duduk dalam halaqah zikir dan kebaikan-kebaikan lain yang hilang begitu saja. Lalu kita pun berjanji kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala bahwa pada Ramadhan yang akan datangakan berbuat lebih baik lagi dan mengganti kebaikan-kebaikan yang telah ditinggalkan begitu saja.Kini perjalanan iman kita telah sampai pada kemenangan setelah berpuasasebulan penuh. Kita merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita, dengan penuhkegembiraan. Dan tentu saja kesukacitaan dan kegembiraan ini hanya akan dengansempurna dirasakan oleh orang-orang yang telah berhasil melampaui tahapperjuangannya selama bulan Ramadhan dengan amalan-amalan kebaikan siang danmalam. Mereka menahan rasa haus dahaga, lapar dan menjaga syahwatnya serta dengantetap khusuk pula beribadah di siang hari. Dilanjutkan malamnya untuk lebih bertaqarrub(mendekatkan diri) kepada Rabb-nya dengan shalat lail, tarawih, tadarus Al-Qur'an sertakebaikan-kebaikan lainnya yang tiada putusnya.
 Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Walillahilham
Di hari yang fitrah ini kita bertekad memperbaiki kadar keimanan kita pada hari-hari selama sebelas bulan berikutnya. Anggaplah selama bulan Ramadhan yang lalu kitatelah berniaga dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala selama sebulan penuh dan hasil perniagaan ini menjadi bekal buat kita untuk sebelas bulan selanjutnya. Tentu saja dengan selalu berusaha melakukan yang terbaik semata-mata karena Allah Subhanahu wa Ta'ala.Sebab bukankah kita diciptakan hanya untuk mengabdi kepada-Nya?Bukan tidak mungkin tahun depan kita tidak akan bertemu lagi dengan bulanramadhan, jangan-jangan ini adalah ramadhan dan idul Fitri kita yang terakhir, wallahuA’lam, hanya Allah Yang Maha Mengetahui.
Jamaah Shalat Id yang dirahmati Allah SWT 
Apakah setelah Ramadhan usai dan kitapun merayakan perhelatan ‘Idul Fitri ini, kita akan kembali lagi menjadi manusia-manusia culas yang menjauhi fitrahnya? Apakah kita akan melakukan kemunafikan sosial setelah berakhirnya bulan penuh berkah ini?
Kita ucapkan Allahu Akbar,namun kita cenderung menilap uang rakyat tak berdosa!
Kita ucapkan Allahu Akbar,namun kita melanggengkan permusuhan pada sesama kita!
Kita ucapkan Allahu Akbar, namun kita enggan mengasihi anak yatim tak beribu dan berbapak!Kita ucapkan Allahu Akbar, namun kita enggan memberi makan si miskin nan papa!
Kita ucapkan Allahu Akbar, namun kita biarkan lidah menebar fitnah dan namimah!Kita ucapkan
Allahu Akbar, namun kita masih mengemis puji makhluk-Nya!
Kita ucapkan Allahu Akbar, namun kita biarkan tangan menggores noda dan dosa!
Kita ucapkan Allahu Akbar, namun kita masih berebut kursi dunia dengan segala cara?
Kita biarkan berhalaberhala kehidupan menjamur dalam nafas kehidupan kita. Kita terlalu mudah retak oleh gesekan mazhab, partai politik, organisasi masa, dan bahkan kulit ari primordialisme yang semu. Sampai kapan kemunafikan sosial menjadi bagiandari kepribadian umat ini? Sampai kapan kita tak beranjak dari kultur masyarakat jahiliyah yang menuhankan selain Allah? Sampai kapan kita memperlakukan “dinulqayyim” (Islam) ini menjadi pemanis bibir belaka? Jamaah Sekalian, kita harus berubah! Minimal kita mulai perubahan itu dari diri kitasendiriibda’ binafsik ”. Agar Allah menjaga kita dari sifat-sifat mazmumah, marilah kita sama-sama minta ampunan kepada-Nya. Kejarlah ampunan itu, raihlah maghfirah itu, gerakkan semuaanggota tubuh dan jiwa untuk mengemis tetes ridlo-Nya dalam setiap jengkal langkah hidup kita
 Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Walillahilham Jamaah Shalat ID yang dirahmati Allah
Masih banyak agenda umat ini yang belum terselesaikan yang membutuhkan perhatian dan tindakan nyata kita secara bersama-sama, dari pada kita hanya terkonsentrasi kepada perbedaan-perbedaan syar’iyah furu’iyah belaka. kami yakin seyakin-yakinnya bahwa di akhirat kelak Allah tidak akan menghukum kita karena kesalahan kita dalam berijtihad dalam kerangka pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama kita, akan tetapi Dia akan menghukum kita karena kita berpecah belah dan mengenyampingkan persatuan dan kesatuan. Allah akan tanya kepada setiap kita tentang sikap dan perilaku kita kepada keluarga, tetangga, teman, dan bahkan Dia akan tanya tentang sikap kita kepada lingkungan sekitar.  Kita akan ditanya tentang apa yang sudah kita perbuat ketika ada tetangga kita yang kelaparan, ada di antara mereka yang hari ini makan besok puasa. Kita akan ditanya tentang saudara-saudara kita yang miskin dan apa yang sudah kita lakukan untuk mereka. Kita akan ditanya tentang saudara-saudara kita yang lupa diri, yang melakukan perbuatan tak pasti yaitu yang menjanjikan kemenangan padahal yang sebenarnya kerugian yang nyata buatnya. mereka menganggap perbuatan itu adalah halal padahal itu dosa busuk yang siap menggerogoti tubuhnya, kupon putih adalah judi. Allah SWT berfirman dalam surat Almaidah ayat 90   :

يا أيها الذين امنواإنما الخمر والميسروالأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
Kita akan ditanya tentang apa yang sudah kita lakukan ketika ada anak yang bunuh diri karena tidak mampu bayar uang sekolah, ketika ada orang miskin yang karena  kemiskinannya mereka menjual akidah. Semua pertanyaan seperti itu pasti akan ditanyakan kepada setiap kita, dan kita harus mempersiapkan jawabannya. Pada saat  itulah, kita tidak akan bisa lagi menyalahkan orang lain, mencari kambing hitam seperti  yang sering kita lakukan di dunia ini. Setiap kita akan dimintai pertanggung-jawabannya  dalam ikut berpartisipasi membina persatuan dan kesatuan ummat.

Rasulullah SAW sering mengingatkan kita tentang pentingnya persaudaraan umat ini. Pernah beliau mengumpakan bahwa persaudaraan sesama muslim itu bagaikan satu bangunan, yang masing-masing komponen bangunan itu saling menopang.Lebih dalam lagi, Rasulullah SAW mengingatkan kepada kita bahwa antara kita dengan saudara-saudara kita sesama muslim seharusnya bagaikan satu tubuh di mana kalau salah satu anggota tubuh kita sakit, maka seluruh tubuh kita juga terasa sakit.
 Ma’asyiral muslimin rahimakumullah
 ,
Pernahkah hati kita merasa sakit ketika ada sebagian saudara-saudara kita yangteraniaya? Pernahkah kita merasa gelisah ketika ada berita bahwa sebagian orang muslim hidup dalam kelaparan? Pernahkah pada saat kita makan, kita bertanya apakah saudara-saudarakita yang lain makan seenak apa yang kita makan, hidup semewah dan setenang kita? Atau kita hanya puas berdiam diri di tengah kemegahan dan ketenangan hidup kitasambil menyalahkan orang lain? Atau kita sudah merasa puas dengan shalat, puasa, zakat dan haji kita, kemudian ikut atau mendirikan majlis ta’lim yang hanya terbatas untuk golongan kita saja, tanpa mau membaur dengan orang kebanyakan?Pertanyaan-pertanyaan ini, bapak-ibu sekalian, patut kita pertanyakan kepada diri kita masing-masing, karena jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu adalah ukuran yang tepat buat kualitas dan kadar keimanan kita.
Allahu akbar, 3x!!
Iman tidak dapat diukur dari panjangnya jubah dan tebalnya jenggot kita. Iman tidak bisa dilihat dari tingginya kopiah dan mahalnya sarung kita.Iman tidak bisa dilihat dari jauhnya kita sekolah, tingginya jabatan yang kita raih dan banyaknya sertifikat yang kita koleksi. Tapi iman tercermin dari sikap dan akhlak kita, baik kepada Allah atau kepada sesama dan lingkungan sekitar. Junjungan kita, baginda Rasul SAW, menyatakan Allah tidak akan melihat dan menghitung penampilan fisik kita,tetapi Allah hanya melihat hati dan tingkah laku kita. Taqwa itu di sini kata Rasul sambil beliau menunjuk ke dada. Demikianlah dengan sikap persaudaraan kita, sikap ukhuwwah kita. Apakah jiwa taqwa kita benar-benar telah mengusik –katakanlah-secuil kepedulian kita terhadap nasib ummat Islam serta kaum papa, faqir miskin, yatim dan para janda? Apakah gemblengan ruhiyyah ini benar-benar telah menggamit sanubari kita, agar peduli terhadap penderitaan saudara-saudara muslim kita?
Kaum muslimin yang merupakan bagian dari darah daging kita? Yang dalam pesan Rasulullah saw., sangat tegas diucapkan
“Kuunuu ‘ibadallahi ikhwana” 
Allahu Akbar 3x Walillahilham
Mari kita rayakan hari kemenangan kita dengan bertafakkur dan bermuhasabah (merenung dan menilai kembali) atas apa yang telah kita lakukan di masa lalu. Kita mulai kembali lembaran hidup kita dengan sesuatu yang bermanfaat bagi masa depan kita. Kita luruskan kembali niat dan tujuan hidup kita di tengah kerasnya perjuangan yang tengahkita jalani. Mari kita bayangkan kedua orang tua kita, anak-anak kita dan istri kita atau saudara-saudara kita di hari yang fitrah ini mereka mungkin menitikkan air matanya pada hari yang fitrah ini dengan menjadi muslim dan muslimah yang selalu berjalan pada koridor agama Islam yang mulia ini.Pada hari ini, ada sebersit rasa haru yang muncul di hati kita ketika kita mendengar takbir dikumandangkan, tahmid atau puji-pujian dilantunkan. Kita teringat akan suasana Idul Fitri di kampung halaman kita masing-masing. Pada hari ini biasanya kita berkumpul dengan keluarga besar kita. Kita yang masih mempunyai orang tua biasanya datang danduduk bersimpuh di haribaan mereka seraya menyampaikan permohonan ampun dan maaf atas kesalahan dan kekhilafan kita sebagai anak, yang terkadang berbuat dan berkata yang menyakitkan hati mereka. Kita juga mengucapkan terima kasih atas pengorbanan yang selama ini mereka lakukan untuk kita sampai kita menjadi sepertisekarang ini. Terlalu berat perjuangan mereka menyayangi dan mendidik kita sewaktukita kecil untuk kita lupakan. Terlalu besar pengorbanan mereka untuk kita abaikan.Allahumma ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, dan dosa kedua orangtua kami.Sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami.Ya Allah, ampuni sebusuk apapun diri-diri kami, ampuni sekelam apapun masa lalu kami,ampuni senista apapun aib-aib kami Duhai Allah Yang Maha Mendengar, Ampuni orangtua kami Ya Allah, ampuni kezaliman kami kepada ibu-bapak kami selama ini, andaikatakedurhakaan kami menjadi penggelap dan penghalang rizki dalam kehidupan kami,ampuni kamiJadikanlah saat ini engkau takdirkan kami menjadi anak yang soleh dan soleha yangdapat menjadi cahaya kemuliaan dunia akhirat bagi kedua orang tua kami,..Ya Allah selamatkan kedua orang tua kami yang berlumuran dosa, islamkan yang belum islam, beri hidayah bagi yang masih tersesat. Pertemukan bagi yang belum pernah berjumpa dengan ibu-bapaknya Ya Rahman Ya Rahim. Lapangkan kubur mereka yang telah ada di dalamnya Ya Allah,.cahayai, ringankan hisabnya, jadikan mereka ahli surga-Mu Ya Allah, tolong Ya Allah, darah dagingnya melekat pada tubuh kami Ya Rahman, air matanya, keringatnya, jerih payahnya tak pernah kami indahkan dan pedulikan. YaRahim, golongkan kami menjadi anak yang tahu balas budi dan balas jasa Ya Allah YaAziz. Rendahkanlah suara kami bagi mereka, Perindahlah ucapan kami di depan mereka. Lunakkanlah watak kami terhadap mereka dan Lembutkanlah hati kami untuk mereka. Berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya Atas didikan mereka pada kami dan Pahala yang besar Atas kesayangan yang mereka limpahkan pada kami, peliharalah mereka Sebagaimana mereka memelihara kamiYa Allah, Ya Rahim Apa saja gangguan yang telah mereka rasakan, atau kesusahan yang mereka derita karena kami atau hilangnya sesuatu hak mereka karena perbuatan kami jadikanlah itu semua Penyebab rontoknya dosa-dosa mereka, Meningginya kedudukan mereka dan Bertambahnya pahala kebaikan mereka dengan perkenan-Mu, ya Allah sebab hanya Engkaulah yang berhak membalas kejahatan dengan kebaikan berlipat ganda.Ya Allah, Bila magfirah-Mu telah mencapai mereka sebelum kami, Izinkanlah mereka member syafa'at untuk kami, Tetapi jika magfirah-Mu lebih dahulu mencapai diri kami, Maka izinkahlah kami memberi syafa'at untuk mereka, sehingga kami semua berkumpulYa Allah, berilah kami peluang untuk mendekap tubuh mereka dengan dekapan kasihsayang kami,- berilah kami waktu untuk berbakti kepada mereka sebelum mereka menghadap pada-Mu, Izinkan kami membasahi tempat sujud kami dengan air mata penyesalan akan kelalaian dan kedurhakaan kami Bersama dengan santunan-Mu ditempat kediaman yang dinaungi kemulian, ampunan serta rahmat-Mu.Sesungguhnya Engkaulah yang memiliki Karunia Maha Agung, serta anugerah yang tak  berakhir dan Engkaulah yang Maha Pengasih Diantara semua pengasih.Mari kita kenang dosa kepada orang tua kita. Siapa tahu hidup kita dirundung nestapakarena kedurhakaan kita. Karena kita sudah menghisap darahnya, keringatnya, tenagadan airmatanya, Astagfirullahal Adzhim 2xBarangsiapa yang matanya pernah sinis melihat orangtuanya. Atau kata-katanya seringmengiris dan melukai hatinya, atau yang jarang memperdulikan dan mendoakannya.Percayalah bahwa anak yang durhaka siksanya didahulukan didunia ini.Ya Allah siapakah gerangan lebih pemurah dari pada Engkau, wahai tuhan gafururrahim,Ya Allah, kedua ayah ibu kami yang masih hidup atau pun yang telah wafat adalah orang yang pertama kali berjasa kepada kami, memperkenalkan kami kepada-Mu, merawat, mendidik dan membimbing kami dengan penuh kasih saying dan kesabaran, tak jarang air mata mereka tumpah karena ulah kami Ya Rahman Ya Rahim.Ya Allah maafkanlah segala kekurangan mereka dalam mengabdi kepada-Mu karena mengutamakan kami dan maafkanlah mereka atas segala syubhat yang mereka jalani dalam usaha untuk menghidupi kami.

Ya Allah selamatkan seluruh anggota keluarga kami dan jangan jadikan keluarga kami menjadi sumber fitnah, beri hidayah bagi yang belum mengenal-Mu dan jangan biarkan keluarga kami bercerai berai.
Kaum Muslimin dan Muslimat Yang dirahmati Allah
Marilah kita sama-sama membersihkan hati kita sesama muslim sebangsa dan setanah air, hilangkan rasa benci dan rasa dengki, gantilah semua dengan marhamah dan mahabbah serta kasih sayang. Dengan hati terbuka, muka yang jernih dan tangan yang diulurkan, kita saling bermaaf-maafan, kita buka lembaran baru yang masih putih bersih, kita tutup halaman lama yang mungkin banyak terdapat kotoran dan noda, biarlah yang tua memberi maaf yang muda, ayah memberi maaf kepada anak, suami memberi maaf kepada isteri, mertua memberi maaf kepada menantu begitu juga sebaliknya, yang muda meminta maaf kepada yang tua, mari kita saling memaafkan dihari yang fitrah ini,semoga semua amalan kita diterima disisi Allah SWT dan menjadikan kita manusia yang suci seperti bayi yang baru dilahirkan.,.. Amin Ya Rabbal Alamin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar