Selasa, 28 Juni 2011

Cermin siswa

            Teman, telah tiga kali  dedaunan di utara telah berguguran semenjak kita semua bernaung di bawah panji-panji yang sama. Kita adalah bintang-bintang yang menyusun suata konstelasi di bawah mantel biru sang langit IPA 2.Sayang sekali kalau akhirnya pena takdir menggoreskan bahwa ikatan antara kita akan terurai dan kita pun akan terpencar ke delapan penjuru mata angin.
      Namun tidak terlalu menyesakkan dada.Walau bagaimanapun akhirnya sang waktu jugalah yang akan merajut kembali konstelasi yang telah terurai itu, meskipun kita terpisah sejauh bintang utara dan bintang timur di senja hari.

Teman,gunung yang akan kau daki sungguh tinggi,gunung yang akan kau lintasi  sungguh menggetarkan hati,sungai yang akan kau seberangi sungguh dalam dan perjalanan yang akan kau lakukan  akan penuh dengan genangan air mata atau bahkan genangan darah.
Semua itulah yang akan menempa yang membentukmu yang saat ini yang masih seperti berlian yang baru di petik dari batu gunung dan belum bisa dibedakan dengan pecahan kaca.Tempaan itu lambat laut akan menjadikan
perbedaan antara berlian dan pecahan kaca semakin
terlihat jelas,terlebih ketika kawan  telah menjadi berlian bersisi 48 yang memantulkan sinar emas mentari ke mana pun mata dipalingkan.Pada saat itu, kami akan berbangga memilikimu.Tetapi jangan sampai terurainya  ikatan kita menyebabkan jiwa persaudaraan Kita menjadi seperti pecahan batu karang yang didera gelombang dan tak akan pernah dapat lagi disatuakan sekalipun oleh tangan seorang pengukir ulung sekalipun karena pernah.
 
     Andai kata hal itu benar-benar terjadi,artinya rasa kasih yang telah menjadi saripati persaudaraan kita tak lebih daripada ranting kering yang gugur dan menunggu untuk dilemparkan ke dalam perapian yang dipenuhi api kebencian. Karena itu, sekalipun takdirmu lebih pedih daripada goresan belati,tetaplah beri tempat bagi kami untuk hadir di hatimu,karena kamipun akan menyatukan jiwamu dalam napas kami.

      Teman, Kami relakan kepergianmu,semoga jalanmu akan diterangi cahaya dan yakinlah kami akan mengikutimu sebab walau bagaimanapun harimau sepertimu tidak akan pernah bersaudara dengan kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar