Senin, 27 Juni 2011

TIGA KEUTAMAAN MENUJU TINGKAT PENGHAPUSAN DOSA


TIGA KEUTAMAAN MENUJU TINGKAT PENGHAPUSAN DOSA
Oleh  : Jauhar H.A.Rasyid, S.Ag

الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر كبيرا والحمدلله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا نحمد الله على كل نعمه ويجعل شهر رمضان ويوم عيد الفطر. يوم المغفرة لذنبنا, يوم التعظيم لمعظمنا يوم المبارك لأفلاح أعمالنا. أشهد أن لاإله إلاالله الواحد القهارالمنان لاشريكله فى ملكه أحد. وأشهد أن سيدنا محمد بن عبدالله خاتم النبي مشافع لأمته أسوتناحسنة. أللهم صل وسلم وبارك على النبي الأخير وعلى آله وصحبه المختارأجمعين. أما بعد :

الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Allah yang maha pemurah, tiada ampunan yang lebih murah melainkan ampunan Allah SWT. Allah yang maha kuasa, tiada kekuasaan yang lebih kuasa melainkan kekuasaan Allah SWT. tiada kerajaan yang maha merajai melainkan kerajaan dan singgasana Allah SWT. Tiada kebaikan dari semua itu melainkan kita mengucapkan rasa syukur tulus ikhlas keharibaanNya dan bersaksi tiada tuhan yang patut kita menghambakan diri melainkan Allah Rabbul Jalil.
Tiada perjuangan yang mulia melainkan perjuangan Rasulullah yang membawa dan menghamparkan panji-panji Islam di seantero bumi. Tiada sikap dan tutur kata lembut yang patut kita teladani melainkan sikap dan tutur kata Rasulullah. Tiada kenikmatan yang menyelamatkan kita, melainkan kenikmatan Islam yang diajarkan oleh Rasulullah kepada kita. Tiada ucapan yang sepantasnya dari lubuk yang dalam melainkan ucapan selamat dan kesejahteraan untukNya semoga Allah menyediakan tempat yang tinggi ketimbang nabi dan hamba yang lain. Begitu juga dengan keluarga, para sahabat, tabi'in sampai di hari perhitungan amal. Amin...
الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
            Ayyuhal Hadhiruun Wal hadhiraat fii Amaanillaah…
Pada pagi hari ini, umat Islam di seluruh dunia berbondong-bondong keluar dari rumah mereka menuju tempat-tempat sholat 'Id yang ditentukan, kemudian duduk menghadirkan hati dan perasaan di tengah-tengah lapangan atau di masjid-masjid, memakai pakaian yang bersih, menunggu rahmat dan pengampunan yang turun dari langit, meraih kemerdekaan sejati. Para malaikat Allah yang  ada di langit akan turun, membawa hadiah dari Allah untuk umat Islam yang betul-betul  melaksanakan puasa di bulan Ramadhan dan segala ibadah yang bersifat menghambakan diri selama bulan Ramadhan. 'Idul fitri adalah hari di mana umat Islam kembali disucikan. Suci hati, suci pikiran dan suci perbuatan atau suci lahir dan bathin. Begitu maha pemurahnya Allah SWT kepada hambanya, karena setiap perhitungan setahun Allah menciptakan bulan Ramadhan, bulan ini dinamakan dengan bulan penghapusan dan pembebasan dosa yang kita lakukan setiap tahunnya. Dan itu berlaku bagi umat Islam yang melaksanakan segala ibadah pada bulan itu dengan rasa khidmat mengharap rido dan pengampunan Allah SWT.
           
الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
            Ayyuhal Hadhiruun Wal hadhiraat fillah

Ada tiga keutamaan yang telah diraih oleh setiap umat Islam pada bulan Ramadhan, di mana keutamaan-keutamaan itu dilakukan dengan hati tulus dan betul-betul menghambakan diri kepada Allah. Hingga ribuan Malaikatpun turut serta memohonkan ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang kita dilakukan. Tiga keutamaan itu adalah sebagai berikut :

v        Keutamaan bulan Ramadhan
Kata Imam Baghawi dalam shahehnya : "sesungguhnya nama bulan Ramadhan berasal dari kata ramadha, artinya batu yang dipanaskan. Sebab berpuasa pada saat panas yang sedang  memuncak. Sejarahnya ketika orang Arab  memberi nama-nama bulan bertepatan saat itu sangat panas sekali. Ada yang berpendapat, bulan membakar dosa.
Beberapa hadis menerangkan keutamaan ramadhan, diantaranya adalah : Sabda Nabi : Bilamana datang malam pertama bulan ramadhan, semua pintu syurga dibuka dan tidak
satupun yang tertutup sampai sebulan penuh. Dan Allah SWT memerintahkan para malaikat
untuk berseru " Wahai orang yang mencari kebajikan, kerjakanlah ! Dan hai orang yang mencari kejahatan bertahanlah, lalu Ia berkata : " Bila ada orang yang memohon ampun pasti diampuni, ada yang meminta pasti dikabulkan, orang yang bertaubat pasti diterima taubatnya. Para malaikat tidak henti-hentinya  berkata begitu sampai fajar terbit. Dalam hadits lain Nabi SAW bersabda : " Umatku diberi lima hal yang belum diberikan pada umat lain : 1) Bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada minyak kasturi 2) Para malaikat akan meminta ampun sampai mereka berbuka 3) Syetan-syetan yang terkutuk akan dibelenggu 4) Setiap harinya Allah menghiasi syurga pada bulan itu. 5) dan Dia berfirman : Hampir-hampir hambaku yang shaleh dijauhkan dari penderitaan dan kesusahan dan mereka diampuni setiap akhir malam.
الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
            Ayyuhal Hadhiruun Wal hadhiraat rahimakumullah

v        Keutamaan malam lailatul qadri
Dari Anas RA. bahwa Nabi SAW bersabda : bilamana datang malam lailatul qadar, maka turunlah rombongan malaikat dipimpin oleh Jibril. Mereka mengucapkan sahalawat salam kepada hamba yang beribadah atau tunduk dan berdzikir kepada Allah SWT". Abu Hurairah berkata :    نزلت ملئكـــة إلى الأرض أكثر من الحجر الصغير   artinya :  " Para Malaikat turun ke bumi pada malam lailatul qadar lebih banyak dari pada batu kerikil."
تنزل الملئكة والروح فيها بإذن ربهم من كل أمر﴿﴾ سلام هي مطلع الفجر
Dari Umar RA. bahwa Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang menghidupkan malam tanggal 27 bulan Ramadhan sampai subuh, maka hal itu lebih aku cintai dari pada beribadah pada malam-malam Ramadhan keseluruhannya. Kata Fatimah ; " Wahai ayah, apa yang seharusnya dilakukan oleh orang-orang lemah, laki-laki maupun perempuan yang tidak bisa berdiri ?" lantas beliau menjawab : tidaklah mereka memakai bantal dan dipakai untuk merebahkan kepala, lalu ia duduk sesaat pada malam itu dan berdo'a kepada Allah 'Azza waJalla, kecuali hal itu lebih aku cintai dari pada berdirinya  umatku pada bulan ramadhan secara keseluruhan

v        Keutamaan 'Idul fitri
Melalui Abu Hurairah RA : " Hiasilah hari rayamu dengan mengucapkan takbir." Sabda Nabi SAW : " Barang siapa yang mengucapkan سبحان الله والحمد لله ولاإله إلاالله والله أكبر  pada hari raya sebanyak 300 kali dan dihadiahkan untuk orang-orang muslim yang sudah mati, maka seribu macam nur akan masuk ke setiap kuburannya, dan kelak Allah akan menjadikan kuburannya dengan seribu nur pula. Bila datang hari raya 'Idul fitri, Allah mengutus para malaikat, mereka turun dan berdiri di pinggir-pinggir jalan. Mereka menyeru dengan panggilan yang bisa didengar oleh semua makhluk Allah, kecuali jin dan manusia. Kata mereka : " Hai umat Muhammad, keluarlah menuju panggilan Allah yang maha pemurah. Dia akan memberikan yang agung dan mengampuni dosa yang besar.
Mumpung pada kesempatan yang paling baik dan penuh berkah ini adalah waktu kita untuk mengirimkan kalimat  سبحان الله والحمد لله ولاإله إلاالله والله أكبر  dan diperuntukkan bagi kakek, nenek, saudara kita, bapak dan  ibu yang kita cintai, yang kita junjung tinggi,  anak serta keponakan yang telah mendahului kita, mudah-mudahan Allah SWT melapangkan dan menyiram kuburnya dengan air salju, dijauhkan dari siksa kubur dan api neraka.
Untuk Saudara-saudara ketahui, bahwa setetes air mata ibu yang jatuh pada kedua pipinya lantaran kedurhakaan seorang anak, maka Allah akan menggantikan dengan tujuh ribu tetes timah panas yang akan dituangkan pada  kepala hingga di sekujur tubuh seorang anak yang durhaka itu. Firman Allah Ta'ala tentang larangan durhaka pada kedua orang tua :  " فلا تقل لهما أف ولاتنهرهما وقل       لهما قولا كريما".
الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
            Ayyuhal Hadhiruun Wal hadhiraat fii Sa'aadatillah…
Di antara tiga keutamaan di atas, manakah yang sudah terrealisasi selama bulan bulan ramadhan ini? Perlu kita ketahui juga diantara tiga keutamaan mesti ada rantai pengikat yang menghubungkannya. Sehingga, kalau kita mau meraih fadhilahnya malam lailatul qadar harus melaksanakan puasa di bulan Ramadhan dengan amal ibadah yang lain, baru kita disucikan pada suatu tempat, yang mana pada tempat itu adalah tempat bersujudnya ratusan umat manusia yang mengharapkan ridho dan maghfirahnya Allah SWT. Kalau kita hanya beridul fitri saja pada hari ini, lantas tidak mengerjakan puasa, maka ia hanya mendapatkan kemewahan pakaian yang ia pakai pada hari itu saja sedangkan pahalanya sama sekali tidak ia dapatkan. Kita harus berusaha dengan sekuat tenaga, sekuat pikiran yang tulus dan sekuat amal yang baik untuk mendapatkan ketiga keutamaan di atas. Kalaupun pada tahun ini belum kita dapatkan, Insya Allah…mudah-mudahan Allah memberikan umur panjang pada kita. Mungkin pada tahun depan kita sudah mempersiapkan diri  untuk mendapatkan tiga keutamaan tersebut.

بارك الله لي ولكم فى القرآن العزيزونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم. فتقبل مني ومنكم تلاوته إنه هو سميع قريب مجيب الدعاء
Kemudian selanjutnya membaca khutbah kedua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar